Cari Disini

Home » , » Black aren asli cianjur selatan

Black aren asli cianjur selatan

Posted by Info Sukabumi on Wednesday, April 1

Batu Black Aren, batu yang popularitasnya belum sepopuler jenis batu akik lainnya seperti batu akik jenis Bacan, Idokras, Kalsedon, Akik Gambar, dan Kalimaya yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun ternyata bagi penghobi batu mulia, batu yang hanya ada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, ini sangat diminati kolektor batu akik dan semakin dilirik karena keunikannya.





Asal batu Black Aren

Batu Black Aren terbentuk dari pelapukan fosil pohon.Bahannya memang bukan batu asli tapi semacam fosil kayu sempur yang terpendam berjuta tahun lamanya .Para ahli batu akik meyakini jika Black Aren merupakan batu peninggalan zaman pra sejarah.Sehingga para warga Desa dan pecinta batu akik sangat berharap ada arkeolog atau geolog yang mau melakukan penelitian terhadap Black Aren untuk mengungkap energi atau kandungan yang ada di dalamnya.

Mengapa diberi nama Black Aren ?

Black Aren, begitu masyarakat menyebut batu akik khas Kabupaten Cianjur ini. Sekilas batu akik itu memang terdengar begitu menyeramkan lantaran menyerupai kelompok pemuja setan. Apalagi batu akik berasal dari wilayah paling selatan Kabupaten Cianjur ini selintas terlihat hitam pekat.Konon, penamaan Black Aren itu lantaran warnanya yang hitam menyerupai biji aren. Batu akik ini ditemukan sekelompok pemuda secara tak sengaja di sekitar Sungai Cidamar pada pertengahan tahun lalu. Tak ayal, Black Aren pun memperkaya jenis batu akik yang kini perkembangannya tengah digandrungi masyarakat

Khasiat batu Black Aren

Batu Black Aren disebut-sebut memiliki khasiat yang tertentu menurut pemakainya dan ini dirasakan oleh semua pemilik batu akik Black Aren.Batu yang dapat ditemukan di sekitar Sungai Cidamar itu dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit meski belum bisa dipastikan secara ilmiah. Ada kemungkinan, batu yang dibentuk akibat pelapukan fosil pohon itu memiliki zat-zat tertentu yang bisa digunakan sebagai penangkal racun atau hal bermanfaat lainnya.

Ada yang percaya kalau yang pakai cincin batu akik ini bisa menambah stamina, menghilangkan rasa pegal-pegal, rematik, sakit kepala, dan yang utama adalah menambah percaya diri karena didominasi warna hitam.

Jenis – Jenis Batu Black Aren

Sejatinya batu akik Black Aren ada tiga jenis jika dilihat perpaduan warna yang ada di dalam inti batu. Ada hitam agak kemerahan, hitam agak kebiruan, dan hitam agak keunguan.Ketiga jenis batu akik Black Aren ini pun dipercaya memiliki energi tertentu yang tersimpan di dalam batu sesuai dengan perpaduan warnanya.

Harga Batu Akik Black Aren

Harga batu Black Aren tak semahal batu giok yang konon juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit bagi pemiliknya,Peminatnya memang bukan seperti pengemar batu akik jenis bacan dan lainnya karena keindahannya. Tapi peminat Black Aren itu karena diyakini memiliki energi positif dan bermanfaat bagi pemakainya meski belum ada penelitian dari arkeolog yang bisa membuktikannya.

Selain itu,batu akik jenis Black Aren juga hanya ditemukan di wilayah Cianjur selatan. Di wilayah lain sampai saat ini belum ditemukan jenis batu ini , keberadaan batu akik Black Aren memang sangat terbatas lantaran hanya ditemukan tergeletak di sekitar sungai tanpa harus melakukan penggalian.

Peminatnya sendiri sudah sampai ke wilayah Maluku, Lampung, Bandung, dan Sukabumi.Harganya sendiri berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta tergantung bentuk batang cincinnya

Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2015/01/13/warga-berharap-ada-arkeolog-teliti-black-aren

Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2015/01/13/black-aren-berasal-dari-fosil-zaman-prasejarah

Thanks for reading & sharing Info Sukabumi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Paling Banyak Dicari